di Swiss, Tahun Depan Bayar Pajak Pakai Bitcoin

di Swiss, Tahun Depan Bayar Pajak Pakai Bitcoin. Pemerintah negara bagian Zoug Swiss akan melakukan pembayaran pajak menggunakan mata uang elektronik atau cryptocurrency mulai tahun depan.

Heinz Tannler yang merupakan direktur departemen keuangan Kanton Zug mengatakan : “pemerintah telah menjalin kerja sama dengan bitcoin Suisse pada awal September 2020. Kerja sama diteken agar pembayaran pajak bisa dilakukan melalui mata uang elektnoik”.

Baca juga : Cara Menetapkan Kawasan Pabean

Menurut Tinnier, kebijakan mengakomodasi mata uang kripto untuk membayar pajak merupakan hal yang signifikan. Untuk tahap awal ini, nilai pembayaran pajak melalui kripto akan dibatasi 100.00 franc Swiss atau setara dengan Rp 1,6 miliar.

Jika tidak ada halangan, pemerintah Zoug merencanakan wajib pajak orang pribadi atau badan, mulai bisa membayar pajak menggunakan uang elektronik bitcoin dan ether tersebut pada Februari 2021.

Tinner juga meyakini, pemerintah negara bagian tidak akan mengalami kerugian dengan mengakomodasi skema pembayaran via mata uang elektronik yang memiliki volatilitas nilai tukang uang yang tinggi.

Baca juga : Ini Yang Harus disiapkan Sebelum Lapor SPT

Karena, setiap pembayaran pajak dengan uang elektronik akan otomatis langsung dikonversi menjadi franc Swiss. Jadi, penerimaan yang masuk ke kas negara bagian sudah dalam bentuk franc Swiss.

Sebenarnya, Zoug bukan daerah pertama yang menerapkan metode pembayaran pajak menggunakan mata uang elektronik. Negara bagian Ohio, AS sudah melakukan hal ini pada 2018.

Namun demikian, kebijakan negara bagian Ohio tersebut hanya bertahan setahun lantaran Pemerintah Ohio mengaku perlu meninjau lebih dalam kontrak yang dilakukan untuk memproses pembayaran pajak.

Selain itu, menurut Pemerintah Ohio, skema proses pembayaran melalui uang elektronik juga belum masuk dalam kamus administrasi negara bagian, sehingga regulasi pendukung perlu dibuat terlebih dahulu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

NAMA :
Nama belum di isi . . .
ALAMAT :
Alamat Belum Di Isi . . .
E-MAIL :
Masukkan Email Dengan Tepat . . .
NO HANDPHONE :
Nomor Telepon Belum Di Isi . . .
PESAN :
Pesan Masih Kosong . . .
close-link